5 Bahan Makanan yang Aman Disimpan pada Suhu Ruangan

bahan makanan yang tahan di suhu ruangan

Bahan Makanan yang Bisa Disimpan di Suhu Ruangan – Menyimpan bahan makanan dengan baik dan benar sangat penting agar bahan makanan tersebut bisa bertahan lama. Bahan makanan bisa disimpan baik di dalam kulkas maupun di suhu ruangan. Menurut sebagian orang, menyimpan bahan makanan di dalam kulkas bisa membuat bahan makanan lebih tahan lama dan tetap segar. Namun, tidak semua bahan makanan harus disimpan di dalam kulkas agar bisa tahan lama. Ada bahan makanan yang awet di simpan di dalam kulkas dan ada juga bahan makanan yang malah cepat membusuk jika diletakkan di dalam kulkas.

Banyak juga bahan makanan yang sebaiknya malah harus disimpan di suhu ruangan agar bisa bertahan lama, bukan sebaliknya. Untuk itu perlunya informasi mengenai jenis-jenis bahan makanan yang harus disimpan di suhu ruangan agar bertahan lama agar kita tidak keliru mana bahan makanan yang harus disimpan di kulkas atau di suhu ruangan.

Daftar Bahan Makanan yang Dapat Disimpan Dalam Suhu Ruangan

1. Bawang Putih

Bahan makanan satu ini merupakan pendamping bawang merah yang wajib ada disetiap akan membuat suatu makanan. Tak jarang bahan makanan ini cepat habis karena sering digunakan. Untuk itu tak jarang masyarakat yang membeli bahan makanan ini dalam jumlah yang cukup banyak. Dengan jumlah yang cukup banyak tentunya perlu diperhatikan juga tempat penyimpanannya.

Bawang putih sangat dianjurkan untuk disimpan di suhu ruangan di tempat yang sejul, gelap, dan berventilasi yang baik. Bawang putih sebaiknya jangan disimpan di dalam kulkas karena hal itu dapat mempercepat pertumbuhan jamur.

2. Kentang

Kentang merupakan salah satu sumber karbohidrat disamping nasi. Kentang menjadi pilihan disaat tidak ingin memakan nasi namun tetap memerlukan karbohidrat. Untuk mendapat olahan dari kentang yang baik bukan proses memasaknya saja yang perlu diperhatikan namun juga penyimpanan dari kentang tersebut.

Kentang sebaiknya disimpan di tempat yang tidak terlalu dingin, seuk tapi kering, dan sirkulasi udara yang cukup baik. Maka dari itu kentang tidak disarankan disimpan dalam kulkas. Hal itu bertujuan agar menjaga cita rasa kentang yang alami dan juga menjaga kulit kentang agar tidak cepat berkecambah sebagai tanda awal kebusukan.

3. Pisang

Pisang merupakan buah yang empuk dan pas untuk mengganjal lapar. Pisang bisa membuat perut terasa kenyang lebih lama dibanding dengan buah-buahan yang lain. Tak jarang orang-orang membeli pisang dengan jumlah cukup banyak atau tidak beli secara satuan. Namun pisang tersebut juga tidak langsung dimakan semuanya, oleh karena itu

menyimpan pisang dengan baik dan benar sangat penting diperhatikan agar pisang bisa bertahan dengan lama. Penyimpanan yang paling tepat untuk pisang adalah di suhu ruangan. Dalam menyimpan pisang, pisahkan pisang dengan bahan makanan lain untuk mencegah penyebaran gas etilena yang pisang menjadi cepat matang dan membusuk. Tapi terkadang ada pula pisang yang hanya dimakan separuh atau tidak semuanya. Untuk menyimpan pisang yang sudah dimakan bisa disimpan dengan cara memotong pisnag tersebut dan diberi sedikit air lemon kemudian dimasukan ke dalam kulkas.

4. Jeruk

Jeruk merupakan buah yang kaya akan sumber vitamin C. Tak jarang orang yang menyukai buah yang satu ini. Namun bagi sebagian orang masih ada yang menyimpan jeruk di kulkas dengan alasan agar lebih tahan lama. Padahal sebaliknya, menyimpan jeruk di kulkas justru akan membuat buah tersebut tidak bertahan lama. Berbeda jika jeruk disimpan di suhu ruangan tentu jeruk akan lebih tahan lama. Jeruk sebaiknya disimpan dalam suhu ruangan yang gelap dan sejuk. Tapi setelah sekitar satu minggu jeruk bisa disimpan di dalam kulkas.

5. Bawang Bombay

Bawang bombay merupakab bahan makanan yang sejenis dengan daun bawang, bawang putih, dan bawang merah. Pernahkan disadari bahwa bawang bombay yang ada di dapur lebih cepat membusuk? Mungkin hal itu bisa disebabkan oleh cara penyimpanannya yang belum benar.

Penyimpanan bawang bombay yang benarpun tergantung dari cara memprosesnya. Misal bawang bombay yang masih utuh dan belum dikupas, sebaiknya bawang bombay disimpan di tempat yang gelap, sejuk, kering, dan ventilasi udara yang cukup. Untuk bawang bombay yang sudah dikupas atau yang sudah diiris sebaiknya disimpan di dalam kulkas untuk mencegah terkontaminasi dari bakteri.

Nah itulah 5 jenis bahan makanan yang tahan lama disimpan di suhu ruangan. Jadi, tidak semua bahan makanan itu tahan lama disimpan di dalam kulkas. Semua itu tergantung dari ciri atau kandungan yang ada di dalam bahan makanan tersebut.

Setelah mengetahui 5 jenis bahan makanan yang tahan lama disimpan di suhu ruangan, mulai sekarang jangan sampai salah lagi tempat untuk menyimpan bahan makanan yang benar. Apakah itu di kulkas atau berada di suhu ruangan, agar bahan makanan menjadi lebih awet.

Leave a Comment

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *