7 Makanan Khas Asal Purwokerto yang Wajib Dicoba

7 Makanan Khas Asal Purwokerto yang Wajib Dicoba

Makanan Khas dari Purwokerto – Purwokerto merupakan salah satu kota di Jawa Tengah tepatnya di kabupaten Banyumas. Purwokerto terkenal dengan daerah dengan banyak tempat wisata, tak hanya itu orang-orangnya juga terkenal ramah. Keistimewaaan kota Purwokerto lainnya juga ada di bidang kuliner.

Banyak restoran yang menyediakan makanan yang enak di Purwokerto (salah satunya Sambel Layah ^_^). Terlepas dari itu semua, tahukah kalian kalau daerah Purwokerto atau lebih tepatnya Banyumas memiliki banyak sekali makanan khas. Apa saja makanan-makanan khas asli Purwokerto? ini dia.

Makanan Khas yang Berasal dari Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah

1. Mendoan

mendoan

 

Makanan khas asli Purwokerto yang pertama adalah mendoan. Siapa yang tidak kenal dengan makanan yang bahan dasarnya terbuat dari kedelai ini. Mendoan merupakan tempe yang bentuknya lebih besar, tipis, dan bentuknya kotak.

Mendoan memiliki cita rasa gurih, dan paling pas dimakan saat baru dimasak. Apalagi dengan campuran bumbu sambal kecap, pasti sangat nikmat. Jika kalian ingin mencicipi mendoan yang sudah siap makan, banyak warung atau ruko yang menyediakan mendoan goreng yang sudah siap santap di Purwokerto.

2. Soto Sokaraja

soto sokaraja

Makanan khas Purwokerto yang kedua adalah soto sokaraja. Soto merupakan salah satu makanan kuah yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Soto banyak dicari apalagi di musim hujan seperti sekarang ini. Sayuran, bihun, kerupuk, daging sapi/ayam, taburan ayam disiram dengan kuah kaldu yang panas menjadi salah satu ciri khas makanan ini.

Soto sokaraja memiliki keunikannya sendiri yaitu menggunakan irisan daging sapi, lontong/kupat, kerupuk , dan kuah kaldu dengan rasa yang khas. Soto sokaraja menjadi salah satu kuliner yang wajib untuk dicoba jika kalian berkunjung ke daerah Banyumas.

3. Getuk Goreng

 

getuk goreng

Makanan khas Purwokerto yang ketiga adalah Getuk Goreng. Getuk merupakan makanan yang terbuat dari rebusan singkong yang ditumbuk hingga halus dan dicampur gula merah lalu ditaburi parutan kelapa (ampas). Getuk goreng berbeda dengan getuk pada umumnya.

Sesuai dengan namanya, getuk goreng merupakan getuk yang digoreng sehingga cita rasa dari getuk goreng berbeda dengan getuk pada umumnya. Getuk goreng biasanya dikemas dalam wadah anyaman dari bambu yang berfungsi untuk menjaga rasa dari getuk goreng.

4. Keripik Tempe

keripik tempe

Makanan khas Purwokerto yang keempat adalah keripik tempe. Keripik tempe termasuk cemilan yang bisa membuat siapa orang ketagihan ketika memakannya. Sesuai namanya, keripik ini berbahan dasar tempe yang dipotong tipis-tipis, dicampuri bumbu, dan digoreng sampai kering.

Keripik tempe mempunyai rasa yang gurih. Keripik ini cocok untuk dimakan langsung dan juga sebagai pelengkap ketika makan.

5. Kluban

kluban

Makanan khas Purwokerto yang kelima adalah kluban. Kluban merupakan makanan yang terdiri dari sayuran-sayuran yang direbus dan dicampurkan dengan parutan kelapa yang telah dibumbui. Sayuran-sayuran yang biasanya digunakan untuk membuat kluban antara lain: kacang panjang, bayam, kangkung, bunga kecombrang, kecambah, dan lain-lainnya.

6. Buntil

buntil

Makanan khas Purwokerto yang keenam adalah buntil. Buntil merupakan parutan kelapa yang dibumbui dan dicampuri teri yang dibungkus dengan daun talas. Selanjutnya diikat dan dikukus.

Tak jarang, ada orang yang memakai daun lain untuk membungkus buntil seperti daun pepaya. Hal ini karena daun talas kini mulai jarang dijumpai apalagi di daerah perkotaan.

7. Combro

combro

Makanan khas Purwokerto yang terakhir adalah combro. Makanan ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga kalian. Makanan dengan bahan dasar singkong ini menjadi menu wajib yang ada di setiap penjual gorengan. Combro mempunyai rasa gurih serta manis dan sedikit pedas di bagian dalamnya.

Dari sekian banyak makanan khas dari Purwokerto, manakah yang menjadi favorit kalian?

Leave a Comment

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *