10 Makanan dan Jajanan Berbahan Dasar Kelapa

jajanan berbahan dasar kelapa

Cemilan dan Jajanan Berbahan Dasar Kelapa – Indonesia merupakan salah satu negara yang beriklim tropis sehingga banyak sekali pohon kelapa yang tumbuh di hampir seluruh daerahnya. Kelapa tidak hanya bisa dinikmati sebagai minuman saja tetapi bisa juga dinikmati sebagai makanan. Di Indonesia, banyak sekali makanan atau jajanan tradisional yang diberi tambahan parutan kelapa sehingga menambah cita rasa dalam makanan tersebut. Berikut ini adalah beberapa contoh jajanan yang berbahan dasar kelapa.

Macam Jajanan yang Bahan Dasarnya Terbuat dari Kelapa

1. Kue pancong

Kue pancong merupakan jajanan tradisonal khas dari Betawi yang dibuat dengan tepung beras, santan kelapa dan kelapa parut kasar. Proses pembuatannya dengan cara dibakar diatas api dengan cetakan setengah lingkaran. Kue pancong dihidangkan dengan tambahan gula pasir diatasnya agar menambah cita rasa manis.

2. Kue rangi

Sama seperti kue pancong, kue rangin juga merupakan jajanan tradisional yang berasal dari Betawi. Bedanya kue rangi dibuat dari tepung sagu dan parutan kelapa dan disajikan dengan tambahan saus gula merah yang direbus dengan nangka dan dikelntalkan dengan tambahan tepung sagu. Dinamakan kue rangi karena saat dibakar kue ini mengeluarkan aroma wangi.

3. Gemblong

Gemblong merupakan salah satu jajanan tradisional yang cukup diminati yang memiliki tekstur keras tetapi lembut didalam. Terbuat dari tepung beras ketan putih, santan, kelapa parut dan margarin. Adonan gemblung diuleni hingga kalis dan dibentuk bulat dan kemudian digoreng. Gemblong disajikan dengan siraman gula merah dan gula aren yang dilarutkan.

4. Wingko babat

Wingko babat merupakan jajanan tradisional berbentuk bulat pipih yang berasal dari Lamongan yang terbuat dari parutan kelapa, gula pasir dan tepung beras ketan. Kelapa yang digunakan adalah kelapa muda agar wingko babat memiliki tekstur yang empuk walaupun sudah dingin.

5. Kue sagon

Kue sagon merupakan jajanan yang biasanya ada ketika Lebaran. Terbuat dari tepung beras ketan, margarin, vanili, gula dan parutan kelapa tua. Kue sagon memiliki rasa manis dan gurih dan tekstur yang keras namun saat digigit teksturnya cenderung lembut. Saat baru matang, kue ini sangatlah wangi sehingga sangat menggugah selera.

6. Geplak

Geplak merupakan kue tradisional yang berasal dari Jogjakarta. Jajanan ini terbuat dari tepung beras, kelapa parut, gula pasir dan gula jawa. Geplak biasanya memiliki empat varian warna yaitu merah muda, putih, kuning dan hijau. Memiliki cita rasa yang manis gurih menjadikan gemblong salah satu oleh oleh yang diminati wisatawan yang berkunjung ke Jogja .Selain itu gemblong merupakan makanan yang awet hingga berbulan bulan asalkan ditempatkan dalam wadah yang rapat dan tertutup.

7. Kue putu

Kue putu dikenal dengan cara pembuatannya yang unik yaitu dengan cara dikukus dalam cetakan bambu sehingga mengeluarkan suara seperti peluit. Kue ini terbuat dari tepung ketan, gula merah dan sedikit garam. Cara pembuatannya yaitu adonan kue putu dimasukan ke dalam cetakan bambu hingga terisi separuh kemudian masukkan potongan lembut gula merah lalu tutup lagi dengan adonan kue putu. Selanjutnya dikukus hingga matang dan setelah matang disajikan dengan kelapa parut.

8. Klappeartaart

Klappeartaart merupakan makanan dari Manado yang sudah ada sejak jaman penjajahan Belanda. Camilan ini terbuat dari tepung, gula, parutan kelapa, susu dan mentega. Proses pembuatannya ada dua cara yaitu dengan dipanggang atau tidak dipanggang. Klappeartaart memiliki tekstur yang lembut didalam.

9. Kelapa muda goreng

Kelapa muda goreng merupakan makanan tradisional yang erasal dari Banyuwangi. Bahan yang diperlukan untuk membuatnya adalah kelapa muda, gula, garam dan tepung. Cara memasaknya sangat mudah yaitu pertama kelapa diparut kemudian campur dengan tepung, gula dan garam kemudian adonan digoreng.

10. Surabi

Surabi merupakan salah satu makanan tradisional Indonesia. Terbuat dari tepung beras, tepung terigu dan santan kelapa yang kental dan parutan kelapa. Surabi memiliki bentuk seperti pancake dengan rasa original yang gurih dan sedikit manis. Proses pembuatannya yaitu adonan surabi dimasak disebuah cetakan kecil berupa tungku tanah liat dan dibawahnya ada arang tujuannya agar menjaga cita rasa tradisional.

Itulah 10 makanan atau jajanan tradisional khas Indonesia yang terbuat dari kelapa yang memiliki cita rasa yang gurih dan nikmat sehingga membuat ketagihan orang yang menikmatinya. Sudahkah anda mencicipi semuanya?

Leave a Comment

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *