7 Produk Olahan Makanan dan Minuman dari Susu

produk makanan dan minuman olahan dengan bahan dasar susu

Olahan Makanan dan Minuman dari Susu – Siapa yang tidak suka dengan susu. Suru merupakan salah satu hasil dari hewan mamalia (sapi, kambing, dll). Susu memiliki banyak manfaat positif bagi tubuh. Beberapa diantaranya adalah dapat menetralisir racun, memperkuat gigi dan tulang, memperkuat daya tahan tubuh, dan melancarkan sistem pencernaan. Ternyata susu tidak hanya bisa dinikmati sebagai minuman saja. Ada beberapa macam olahan dari susu. Cita rasa dari olahannya bisa berbeda dari rasa aslinya dan sangat menarik menambah sensasi rasa tersendiri sehingga banyak orang yang tidak suka susu murni tetapi sangat suka produk turunannya.

Daftar Makanan dan Minuman Olahan dari Bahan Dasar Susu

1. Keju

Keju adalah makanan olahan dari susu yang dibuat dengan cara memisahkan zat padat yang terkandung dalam susu dengan memanfaatkan proses pengentalan (koagulasi) yang dibantu oleh enzim rennet. Ada banyak jenis keju diantaranya keju cheddar, mozarella, permesan dan keju emmental.

Proses pembuatan keju yaitu pertama susu segar dipanaskan kemudian didinginkan . Proses ini bertujuan untuk menggentikan pertumbuhan kuman dan bakteri yang ada di susu. Selanjutnya susu yang sudah dingin diberi bahan tambahan untuk membantu proses fermentasi. Lalu diamkan susu beberapa waktu hingga susu menjadi kental dan padat. Susu yang sudah padat ini disebut keju natural atau keju mentah. Sedangkan keju olahan adalah keju yang sudah ditambahkan dengan graam, air dan mineral. Daya tahan keju olahan lebih lama daripada keju mentah dan kualitasnya lebih stabil.

2. Es Krim

Es Krim merupakan salah satu makanan yang sangat digemari oleh semua orang karena rasanya yang manis dan dingin. Susu ternyata sudah ada sejak 700 Masehi. Pada era Dinasti Shang di Tiongkong dimana kaisar yang menjabat adalah Kaisar Tang meminta untuk mencampur es yang berasal salju dicampur dengan susu dan kemudian dihidangkan sebagai makanan penutup. Lambat laun, es krim mengalami perubahan bentuk hingga menjadi bentuk es krim yang sekarang ini.

Cara pembuatan es krim adalah pertama susu dan gula direbus. Campur larutan maizena dan perisa makanan. Jangan lupa untuk terus mengaduknya hingga mendidih. Setelah itu, saring susu dan tambahkan dengan kocokan kuning telur serta SP. Diamnkan adonan selama 10 menit agar suhunya agak terus lalu masukkan freezer selama 8 jam. Setelah 8 jam, kerok adoanan dengan sendok dan aduk dengan mixer dengan kecepatan tinggi selama 30 menit. Selanjutnya tuang adonan ke wadah dan padatkan. Setelah itu simpan lagi di freezer selama 8 jam agar membeku.

3. Yogurt

Yogurt merupakan makanna olahan dari susu yang difermentasikan dengan bakteri baik yaitu Lactobachillus bulgaricus. Karena yogurt terbuat dari susu maka kandungan nutrisinya juga hampir sama dengan susu yaitu ada kalsium, vitamin D, protein , vitamin B6, Vitamin B12 dan sebagainya. Yang membedakan yogurt dengan susu adalah kandungan lemaknya yang lebih sedikit sehingga yogurt sering digunakan untuk makanan diet. Selain itu yogurt juga mudah dicerna dan baik untuk kesehatan.

4. Mentega

Mentega atau butter adalah olahan susu yang sering dijadikan olesan roti atau sebagai salah satu bahan untuk membuat kue, kukis, dan atau menumis makanan. Mentega terbuat dari krim susu yang merupakan lapisan paling atas dari susu yang terbentuk karena didiamkan beberapa hari. Krim susu kemudian diaduk hingga lemak padat dan lemak cair terpisah atau dikenal dengan proses churning. Lemak cair inilah yang disebut dengan mentega atau buttermilk.

5. Susu Evaporasi

Susu eveporasi merupakan olahan dari susu yang sudah dihilangkan kadar airnya sebesar 60% esehingga memiliki tekstur yang kental. Susu evaporasi termasuk bahan yang awet karena telah mengalami proses pemanasan dengan suhu tinggi sehingga mematikan mikroorganisme yang terkandung dalam susu segar. Ada dua jenis susu evaporasi yang dijual dipasaran yaitu sweetened dan unsweetened.

Sesuai namanya, susu evaporasi jenis sweetened telah dicampur dengan gula sehingga memiliki tekstur yang lebih kental. Contoh dari susu evaporasi sweetened adalah susu kental manis. Sedangkan jenis unsweetened tidak mengandung bahan campuran lain sehingga memiliki rasa tawar seperti susu cair. Namun kandungan protein jauh lebih tinggi pada jenis unsweetened.

6. Produk Whey

Produk whey merupakan olahan susu yang yang diproses dari bagian cairan yang tersisa dari proses pengendapan pembuatan keju. Manfaat mengonsumsi produk whey yaitu dapat meningkatkan masa otot, membantu meningkatkan sistem imun dan meningkatkan performa dalam berolahraga.

7. Minyak Samin

Ghee atau yang biasa disebut minyak samin merupakan produk yang dibuat dari mentega yang sudah direbus dan dibuang kotoran atau residunya. Di Indonesia, minyak samin tidak hanya dibuat dari mentega, tetapi ada juga yang dihasilkan dari minyak nabati yang terkandung dalam kelapa sawit.

Itu dia beberapa makanan dan minuman olahan yang bahan dasarnya terbuat dari susu. Dari sekian olahan makanan dan minuman tersebut, mana yang menjadi favorit kalian?

Leave a Comment

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *