5 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Secara Bersamaan

makanan yang tidak boleh dimakan secara bersamaan

Makanan yang Dilarang untuk Dikonsumsi Bersamaan – Makanan sehat dan bergizi merupakan satu hal wajib yang harus dipenuhi dalam kehidupan sehari-hari. Manusia memerlukan gizi seimbang agar tubuh menjadi sehat. Makanan bergizi didapat dari macam-macam jenis makan dan minuman. Setiap hari, kita tidak selalu memakan satu jenis makanan saja. Seringkali kita mengombinasikan berbagai jenis makanan agar tidak bosan dengan satu makanan saja.

Namun, perlu diketahui bahwa setiap makanan memiliki kandungan zat yang berbeda-beda. Kandungan zat yang ada di dalam makanan tersebut pun harus diperhatikan saat ingin mengombinasikan makanan. Jika tidak, berbagai reaksi tubupun kemungkinan besar akan muncul. Seperti reaksi gangguan pencernaan, alergi, dan lain sebagainya yang akan menganggu kerja tubuh kita. Untuk itu, perlunya pengetahuan tentang makanan apa saja yang boleh dimakan bersamaan dan yang tidak boleh dimakan secara bersamaan.

Daftar Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Bersamaan

1. Tomat dan Mentimun

Tomat dan mentimun merupakan dua jenis makanan yang biasa dijadikan salad. Ada sebuah penelitian yang mengatakan bahwa jika kedua makanan ini dikonsumsi secara bersamaan maka akan menganggu jalur biokimia tubuh.
Tomat dan timun sebenarnya memiliki waktu pencernaan yang berbeda. Jika dikonsumsi secara bersamaan, nutrisi yang terkandung dalam tomat dan timun tidak mampu dicerna dengan baik oleh tubuh. Namun, hal itu bisa diatasi jika kita ingin mengonsumsi tomat dan timun secara bersamaan yaitu dengan menambahkan sedikit cuka.

2. Semangka dan Daging

Semangka dan daging sebenarnya tidak boleh dimakan dalam waktu yang berdekatan atau bahkan dimakan secara bersamaan. Hal itu dikarenakan semangka merupakan buah yang memiliki sifat dingin, sedangkan daging merupakan makanan yang bersifat panas. Ketika tubuh mengonsumsi semangka dan daging secara bersamaan, nutrisi yang ada di dalam daging akan menurun drastis karena kandungan yang ada di dalam semangka. Mengonsumsi kedua makanan ini juga sangat tidak baik untuk penderita asthenia limpa.

3. Kedelai dan Bayam

Kedelai merupakan makanan yang kaya akan protein dan kalsium. Kedelai dan bayam tidak cocok untuk dikonsumsi secara bersamaan dikarenakan kandungan yang terdapat pada bayam yaitu asam oksalat akan berekasi dengan kandungan kalsium dalam kedelai yang membuat endapat di dalam usus yang dinamakan kalsium oksalat.

4. Pisang dan Susu

Tak jarang orang yang mengonsumsi pisang dan susu saat sarapan. Apalagi bagi yang sedang menjalani program diet, tentu makanan diatas sudah seringkali dimakan untuk sarapan. Namun, sesungguhnya pisang dan susu tidak boleh dimakaan secara bersamaan. Hal tersebut dikarenakan susu yang mengandung tinggi protein jika dimakan dengan makanan masam akan menganggu saluran pencernaan, alergi, batuk, dan yang lainnya. Zat asam yang terkandung dalam buah juga dapat mengikat protein sehingga pencernaan tubuh akan terganggu.

5. Sereal dengan Susu dan Jus Jeruk

Sereal dengan susu sudah tidak asing lagi untuk dikonsumsi saat sarapan. Namun sangat tidak disaranan jika sarapan sereal dengan susu kemudian jus jeruk sebagai minumannya. Penyebabnya adalah susu yang di dalamnya mengandung kasein akan menjadi kental jika bertemu dengan asam dalam jeruk dan kemudian mengikat enzim yang ada pada sereal. Jadi usahakan untuk tidak meminum jus jeruk setelah makan sereal dengan susu ya.

Itulah 5 makanan yang tidak boleh dimakan secara bersamaan. Ketika makanan diatas dikonsumsi secara bersamaan, tidak dipungkiri akan terjadinya berbagai masalah pencernaan atau alergi yang membuat tubuh kita menjadi tidak merasa nyaman. So, memilih kombinasi makanan juga penting ya. Walaupun sama sama sehat tetap harus diperhatikan kandungannya agar nutrisi didalamnya terjaga.

Leave a Comment

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *