7 Hal yang Dapat Meningkatkan Minat Konsumen, Dijamin Berhasil!

hal yang dapat menarik minat konsumen

Hal yang Dapat Menarik Minat Konsumen – Mendapatkan konsumen sebanyak-banyaknya merupakan tujuan setiap pengusaha. Sebelum mendapatkan konsumen, kalian terlebih dahulu harus menumbuhkan “minat” pada calon konsumen.

Bagaimana cara menumbuhkan minat calon konsumen? Konsumen biasanya tertarik dengan hal-hal seperti “mendapatkan barang dengan jumlah paling banyak namun dengan harga paling murah”.

Namun hal itu sudah sangat umum digunakan orang. Nah, kita perlu berinovasi dan mencari cara agar meningkatkan minat para calon konsumen.

Ada beberapa tips yang bisa kalian pakai untuk meningkatkan minat konsumen. Apa saja?

Hal-Hal yang Dapat Menarik Minat Konsumen

1. Kepribadian

Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah menyesuaikan diri dengan para calon konsumen. Setiap konsumen memiliki kepribadian masing-masing yang unik. Ada yang asik, serius, tertutup, proffesional, dan lain-lainnya.

Kita dituntut harus bisa menyesuaikan pribadi dengan masing-masing konsumen. Jika kalian berhasil menyesuaikan pribadi dengan konsumen, konsumen akan merasa nyaman dengan kalian. Sebaliknya, jika kalian tidak bisa menyesuaikan diri dengan konsumen maka konsumen akan merasa “sungkan” dan “enggan” untuk berlama-lama berbincang dengan kalian baik di sosial media maupun secara langsung.

2. Respon Chat

Kedua adalah respon chat. Seorang konsumen biasanya akan malas jika chatnya tidak direspon dalam waktu yang lama. Seorang pengusaha yang sudah memiliki banyak konsumen biasanya akan kewalahan jika meng-handle chat sendiri. Biasanya, mereka membutuhkan CS (Customer Service).

“Usahakan, chat dari calon konsumen dibalas dalam watu kurang dari 5 menit.”

Salah satu

3. Kekuatan Rekomendasi

Ketiga adalah Kekuatan Rekomendasi. Kekuatan Rekomendasi di sini maksudnya adalah “endorse”. Endorse terbukti meningkatkan penjualan berkali-kali lipat. Apalagi jika menyewa jasa para public figure yang memiliki ratusan ribu bahkan jutaan followers untuk memberikan Review Positif pada produk. Dengan begitu, para calon konsumen akan lebih tertarik membeli suatu produk.

4. Jumlah Pengguna

Jika suatu produk sudah digunakan oleh banyak orang, maka biasanya calon konsumen akan lebih tertarik untuk membeli produk tersebut.

5. Poin Belanja

Sering belanja di minimarket seperti Alfam*rt dan Ind*maret? Di minimarket biasanya kalian akan ditawari sebuah “kartu member” yang digunakan untuk mengumpulkan poin. Poin akan bertambah tiap kali kita berbelanja di minimarket tersebut. Jika poin sudah terkumpul dalam nominal yang sudah ditentukan, maka poin tersebut dapat ditukarkan dengan berbagai barang atau penawaran lain yang telah ditentukan.

Poin tersebut membuat para konsumen berlomba-lomba berbelanja sebanyak-banyaknya. “Makin banyak berbelanja, makin cepat poin terkumpul” itu yang dipikirkan oleh konsumen.

6. Garansi

Garansi juga merupakan faktor penting yang akan meningkatkan minat para calon konsumen. Konsumen akan merasa aman jika terdapat “Garansi” dari produk yang mereka beli. Entah itu garansi rasa, garansi cacat produk, dan lain-lain.

Khusus untuk Outlet Sambel Layah, selama pandemi ini kami memberikan GARANSI 100% MAKAN GRATIS JIKA CREW OUTLET KAMI ADA YANG TIDAK MENGGUNAKAN MASKER.

7. Iklan yang Menarik

Hal terakhir yang dapat menarik dan meningkatkan minat konsumen adalah Iklan. Suatu produk harus mempunyai iklan yang menarik dan unik. Contohnya saja iklan rokok 76, di dalamnya tidak memuat kelebihan produk rokok tersebut namun lebih mengarah ke ranah komedi. Konsumen yang melihat iklan tersebut akan merasa terhibur dan juga tertarik dengan rokok 76 tersebut.

Kalian bisa menerapkan cara ini yaitu “membuat iklan komedi” yang dapat menghibur para calon konsumen. Namun ingat, gunakan ide yang baru dan “tidak garing”.

Itu dia 7 hal yang dapat meningkatkan minat jual konsumen. Manfaatkan semua hal tersebut untuk mendapatkan konsumen sebanyak-banyaknya. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *