5 Macam Sambal Paling Populer di Indonesia

jenis jenis sambal terpopuler di Indonesia

Macam-Macam Jenis Sambal Terpopuler – Sambal, salah satu makanan yang wajib ada di meja makan orang Indonesia. Sambel merupakan makanan yang bahan dasarnya adalah cabai, garam, tomat, dan penyedap rasa. Sambal banyak digunakan sebagai hidangan pelengkap. Hampir semua makanan cocok dimakan menggunakan sambal tak terkecuali daging, tempe, tahu, dan lain-lainnya.

Sambal sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Bahkan, sebagian masyarakat beranggapan makanan akan terasa kurang enak jika tidak dibarengi dengan sambal. Seiring berjalannya waktu, sambel mengalami perubahan terus menerus. Dari yang dulunya hanya berbahan dasar cabai, garam, tomat, dan penyedap rasa kini bahan dasar sambal sangat bermacam-macam.

Dari sekian banyak sambal, ada beberapa jenis sambal yang paling populer. Berikut dianataranya

Macam-Macam Sambal Paling Populer di Indonesia

1. Sambal Bawang

sambel bawang

Yang pertama adalah sambal bawang. Kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan nama sambel yang satu ini. Sesuai namanya, sambel bawang merupakan jenis sambal yang bahan dasarnya dari bawang. Bawang yang digunakan pada sambal bawang adalah bawang putih. Bawang putih ini dapat membuat bau sambal menjadi lebih wangi.

Sambal bawang biasanya digunakan sebagai sambal pada ayam geprek atau ayam penyet.

2. Sambal Ijo/Sambal Hijau

sambal ijo

Yang kedua adalah sambal hijau. Sambel ijo atau lebih sering dikenal dengan nama sambal cabe ijo/sambal lado ijo merupakan sambal yang bahan dasarnya terbuat dari cabai hijau. Itulah kenapa sambal ini dinamakan sambal ijo.

Sambal ijo biasanya dibuat dari cabai hijau yang dibuang bijinya dan dicampur dengan bahan-bahan tambahan seperti garam, tomat, daun jeruk, gula, dan garam. Sambal ijo sering digunakan pada masakan-masakan padang.

3. Sambal Terasi

sambel terasi

Yang ketiga adalah sambal terasi. Sambel terasi ini populer hampir di semua kalangan terutama orang sunda. Sesuai dengan namanya, sambal terasi adalah sambal yang diulek dengan ditambahkan terasi. Mempunyai cita rasa dan bau yang khas. Sambal terasi sering digunakan sebagai sambal untuk lalapan bersama timun, kangkung, kol, kemangi, dan lain sebagainya.

4. Sambal Matah

sambel matah

Yang keempat adalah sambal matah. Jika sebelumnya sambal terasi populer di kalangan orang sunda, sambal matah ini populer di masyarakat bali. Sesuai namanya, sambal matah ini merupakan sambal yang semua bahan dasarnya “matah” atau “mentah“.

Meskipun mentah, justru sambal ini mempunyai rasa yang sangat khas. Bahan dasar dari sambal ini adalah cabai, bawang merah, jeruk nipis, bawang putih, garam, dan gula. Sambal matah ini cocok disandingkan dengan ayam bakar atau ayam goreng.

5. Sambal Lutis/Rujak

sambal lutis

Yang kelima adalah sambal lutis. Bahan dasar sambal lutis ini terbuat dari cabai dan gula jawa. Tak harang, sambal lutis atau rusak juga ditambah dengan kacang tanah. Sambel ini cocok dimakan dengan buah-buahan karena rasanya yang pedas dan manis.

Itu dia beberapa jenis sambal paling populer di Indonesia. Sekian semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *