Waspada! Inilah 5 Makanan yang Mengandung Kalori Tinggi

makanan yang memiliki kalori tinggi

Daftar Makanan dengan Kandungan Kalori Tinggi – Mengonsumsi makanan bukan hanya tentang rasa yang enak dan mengenyangkan. Namun perlu diketahui juga kandungan gizi yang ada di dalamnya. Tubuh memerlukan nutrisi seimbang agar tubuh menjadi sehat. Mengonsumsi makanan berlebihan juga tidak baik bagi tubuh. Apalagi jika makanan tersebut mengandung kalori yang sangat tinggi, tentu harus lebih berhati-hati dalam memilih makanan.

Kalori adalah takaran energi dalam makanan. Tubuh memerlukan kalori untuk menjalankan aktivitas, baik aktivitas dalam tubuh maupun aktivitas yang manusia lakukan. Setiap orang memiliki kebutuhan kalori yang berbeda-beda. Semua itu didasarkan pada usia, jenis kelamin, tinggi badan, dan tingkat kepadatan aktivitas.

Agar tubuh berjalan dengan baik, kalori yang dikonsumsi harus sesuai dengan kebutuhan kalori masing-masing. Pada umumnya, seorang pria dewasa membutuhkan kalori sebanyak 2500 kkal dan untuk seorang perempuan membutuhkan sekitar 2000 kkal. Namun, semua itu kembali lagi dari faktor-faktor di atas.

Daftar Makanan Sehari-Hari yang Mengandung Kalori Paling Tinggi

Memilih makanan sangatlah penting untuk mengetahui jumlah kalori yang dikandung dalam makanan tersebut. Jangan sampai kalori yang dikonsumsi malah berlebih atau sebaliknya. Berikut adalah 5 makanan yang memiliki kalori sangat tinggi.

1. Gorengan

Gorengan merupakan makanan yang sudah sangat familiar di Indonesia. Hampir semua orang pasti sudah pernah memakan makanan yang bernana gorengan ini. Gorengan sendiri memiliki bermacam-macam bentuk, jenis, dan rasa.
Gorengan berkalori tinggi dikarenakan makanan yang digoreng akan melepaskan air dan kemudian menyerap minyak. Hal itulah yang membuat gorengan menjadi tinggi kalori dibanding makanan yang lain.
Walaupun rasanya yang enak dan gurih, perlu diperhatikan juga batasan untuk memakan gorengan agar tidak menjadi sumber penyakit dalam tubuh.

2. Nasi Padang

Nasi padang merupakan makanan khas dari Minangkabau atau Padang. Makanan ini sangat mudah dijumpai kareana sudah tersebar di hampir seluruh Indonesia. Nasi padang pada umumnya menggunakan olahan dari organ dalam atau jeroan yang memiliki lemak jenuh dan tentunya tinggi kalori. Selain itu, rendang yang biasanya menjadi lauknya pun memiliki kalori yang tinggi, apalagi ditambah dengan sayur nangka, daun singkong, dan sambal hijau menjadikan nasi padang ini sangat tinggi kalori.

3. Martabak

Martabak merupakan cemilan yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Hampir semua orang menyukai makanan yang terbuat dari tepung, telur, gula, dan margarin ini. Martabak memiliki banyak variasi rasa manis dan asin yaitu martabak telur. Tapi tahukah bahwa didalam satu potong martabak yang sangat nikmat mengandung kalori yang sangat tinggi. Itu disebabkan karena martabak terbuat dari bahan yang cukup banyak, apalagi penggunaan gulanya yang cukup wow juga.

4. Mie Instan

Mie instan merupakan makanan instan yang paling digemari karenan rasanya yang enak, bevariasi, juga cara membuatnya yang sangat mudah dan cepat. Pada sekarang ini, mie instan sudah menjamur dimana-mana, bukan hanya di Indonesia, tapi juga di luar negeri sudah banyak yang menjual mie instan.
Dalam satu mangkok mie instan paling sedikit ada 300 kilo kalori. Jika mengonsumsi mie terlalu sering juga berbahaya bagi tubuh karena mengandung banyak bahan pengawet.

5. Sate Kambing

Sate merupakan makanan favorit bagi sebagian orang di Indonesia. Sate memiliki jenis yang bermacam-macam seperti sate ayam, sate kambing, sate kelinci, dan lain-lian.
Sate kambing memiliki kalori yang sangat tinggi, apalagi ditambah dengan bumbu menjadi lebih tinggi lagi. Jika memakan 10 tusuk makan kalori yang dikonsumsi sekitar 600 kilo kalori belum ditambah bumbu dan juga nasi.

Nah itulah 5 jenis makanan yang memiliki kalori tinggi. Pada dasarnya, kalori itu penting dan sangat dibutuhkan oleh tubuh. Namun, dalam mengonsumsinya perlu dibatasi dan dhitung agar tidak berlebihan. Sesuatu yang berlebihan juga tidak baik efeknya nanti. Tetap hitung kalori dan makan makanan yang bergizi seimbang.

Leave a Comment

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *