5 Makanan/Cemilan Tradisional yang Sedang Naik Daun

makanan tradisional yang sedang naik daun

Makanan Tradisional yang Sedang Naik DaunMakanan tradisional adalah makanan yang berasal dari daerah yang ada di Indonesia. Makanan tradisional biasanya terbuat dari bahan-bahan yang tersedia di daerah tempat makanan tersebut berasal. Resepnya pun biasanya bersifat turun-temurun. Karena Indonesia merupakan negara kepulauan yang sangat luas, kulinernya pun sangat beragam. Mulai dari yang asin, pedas, hingga manis tersebar di seluruh Indonesia.

Sebelum memasuki era modern seperti sekarang, jajanan tradisional memanglah makanan yang cocok untuk dijadikan cemilan karena rasanya yang khas, lezat, dan juga bersahabat dengan kantong.

Mungkin bagi sebagian orang menganggap bahwa makanan tradisional adalah makanan yang kuno, makanan yang bukan kekinian. Tapi jangan salah, ada juga lho makanan tradisional yang malah populer dan menjadi favorit bagi pecinta kuliner Indonesia. Hal itu karna ide-ide kreatif para pelaku usaha yang memodifikasi makanan tradisioanl. Berikut ini adalah 5 makanan tradisional yang sedang ngehits.

Makanan atau Cemilan Tradisional yang Sedang Populer

Meskipun banyak makanan atau cemilan tradisional yang terlupakan karena bahan dan cara membuatnya yang sulit, namun ada juga beberapa makanan atau cemilan tradisional yang sekarang sedang naik daun dan populer terutama di kalangan anak muda. Apa saja makanan atau cemilan tradisional yang sedang populer? berikut daftarnya.

1. Mie Lidi

Mie lidi atau lidi-lidian adalah cemilan era 90-an yang terbuat dari tepung. Mie lidi ini berbentuk menyerupai lidi yang kemudian ditaburi bumbu. Dahulu, cemilan ini bisa dibeli hanya dengan 100 rupiah yang tentu sangat cocok untuk anak-anak.
Mie lidi yang awalnya hanya ada rasa asin dan pedas kini sudah mulai bervariasi rasanya. Hal itulah yang membuat mie lidi semakin digemari dan kembali populer. Secara umum bumbunya ada yang asin dan ada yang manis. Banyak juga rasa buah-buahan yang sekarang menjadi rasa dari mie lidi tersebut.

2. Martabak

Martabak adalah salah satu makanan tradisional yang kini sangat populer dan sudah menjamur dimana-mana. Martabak terbagi menjadi dua, yaitu martabak manis dan martabak. Dulu martabak hanya memiliki rasa yang sedikit, namun sekarang rasa dari martabak sudah sangat bervariasi. Dengan adanya rasa yang bervariasi, kini martabak menjadi sangat digemari oleh berbagai kalangan dan menjadi kuliner favorit di Indonesia.

3. Seblak

Seblak adalah makanan khas dari Bandung yang kini sangat digemari oleh masyarakat Indonesia khususnya yang menyukai makanan pedas. Seblak kini memiliki varian yang tak sedikit dan ditambah juga topping yang bervariasi. Seblak memiliki rasa yang kenyal, gurih, dan pedas.

4. Serabi

Serabi atau surabi merupakan jajanan yang terbuat dari tepung beras, tepung terigu, dan santan. Serabi berasal dari bahasa Sunda “sura” yang artinya besar. Jajanan ini sudah ada sejak tahun 1923. Serabi Bandung memiliki ciri khas yang lebih basah, sedangkan serabi Solo teksturnya lebih kering.

Serabi memiliki dua rasa yaitu rasa asin dan rasa manis. Untuk serabi manis, biasanya ditambahkan dengan gula merah cair atau yang biasa disebut kinca. Untuk yang rasa asin, srabi menggunakan oncom yang ditaburi di atasnya.Proses pembuatan serabi dimasakn menggunakan tungku yang membuat serabi terasa empuk, renyah, dan wangi.

Dengan semakin banyaknya pecintai serabi, kini serabi sudah banyak yang termodifikasi dari segi rasa. Banyak serabi yang kini bukan hanya disiram dengan saus kinca, tapi dengan anera rasa yang beragam.

5. Cireng

Cireng adalah jajanan tradisional yang terbuat dari aci kanji yang digoreng sampai garing. Untuk sekarang ini, banyak cireng yang sudah diisi dengan berbagai varian. Seperti cireng isi ayam, sosis, dan lain-lain.

Nah itulah 5 makanan tradisional yang kini populer kembali. Dengan cita rasa yang lezat membuat makanan-makanan tradisional tersebut tidak mudah untuk dilupakan. Berbagai modifikasi juga turut berpengaruh dalam popularitas makanan di atas.

Leave a Comment

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *